Skip to main content

7 Cara Agar Membuat Meja Kerja Tampak Rapi!



Kondisi meja yang berantakan akan menyebabkan Kamu tidak betah dan malas menyelesaikan tugas-tugas Kamu karena merasa tidak nyaman dengan pemandangan meja kerja yang tidak mendukung. Coba bayangkan! Jika Kamu selalu memiliki meja kerja yang bersih dan rapi, tentu akan menambah rasa semangat Kamu dalam bekerja. Terlebih, jika Kamu seorang pekerja full-time.

Kantor bisa menjadi rumah kedua bagi Kamu untuk menghabiskan waktu selama seharian. Tentu Kamu membutuhkan tempat yang nyaman agar mood Kamu selalu terjaga dengan baik terlepas dari permasalahan lain yang sedang Kamu jalani. Lalu hal apa yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga kondisi meja Kamu?

Lakukan hal-hal mulai dari yang sederhana seperti berikut ini!


1. Minimalisir Barang yang Tidak Perlu


Coba lihat kembali meja kerja Kamu! Apakah semua barang yang ada di atas meja kerja Kamu merupakan barang-barang yang memang sering Kamu pakai atau bahkan terdapat barang yang sebenarnya jarang sekali Kamu gunakan. Pastikan bahwa benda yang Kamu letakkan di atas meja kerja adalah benda yang memang penting dan selalu Kamu gunakan.

2. Kelompokkan Barang Sesuai Fungsinya
Untuk membuat meja kerja menjadi rapi dan memudahkan aktivitas Kamu dalam pekerjaan, Kamu perlu memisahkan barang berdasarkan fungsinya. Misalnya Kamu bisa membaginya dengan beberapa kategori berikut :

  • Alat tulis
  • Dokumen-dokumen
  • Surat-surat
  • Pekerjaan dengan deadline yang telah ditentukan


Lakukan hal ini, kemudian lihatlah betapa rapinya tampilan meja kerja Kamu!

3. Rapikan Dokumen Kamu!


Jika pekerjaan Kamu membutuhkan banyak dokumen dalam pengerjaannnya, Kamu harus menyisihkan waktu untuk menata dokumen-dokumen tersebut. Gunakan map arsip untuk menyimpan dokumen pekerjaan Kamu. Kamu juga bisa memberi tab atau label pada dokumen untuk mengelompokkan dokumen pada kategori-kategori tertentu. Hal ini akan memudahkan Kamu dalam proses pencarian dokumen yang diperlukan, sehingga Kamu tak perlu banyak memakan waktu untuk menemukan satu dokumen, karena semuanya sudah terorganisir dengan rapi.

4. Letakkan Tempat Sampah di Dekat Meja Kerja Kamu


Letakkan tempat sampah di dekat meja kerja Kamu, sehingga tidak ada alasan bagi Kamu untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Atau jika tidak ingin memakan tempat lebih banyak, Kamu bisa meletakkan tempat sampah pada kolong meja kerja Kamu. Hal ini akan memudahkan Kamu untuk membuang sampah lebih tertib dan meja kerja yang rapi pasti akan dapatkan.

5. Gulung Kabel dengan Rapi


Perhatikan sarana kerja yang Kamu gunakan! Kebiasaan yang paling sering yang menjadi penyebab meja kerja menjadi tidak rapi adalah kabel-kabel dari sarana kerja yang Kamu gunakan. Kabel monitor, mouse, keyboard, dll. Seringkali terurai begitu saja pada meja Kamu. Sebaiknya kabel yang panjang dapat Kamu gulung saja, agar terlihat lebih ringkas dan tidak banyak memakan tempat pada meja kerja Kamu. Gulunglah seminimalis mungkin, maka meja kerja Kamu akan bisa tampak lebih luas daripada sebelumnya.

6. Bersihkan Meja Setiap Selesai Digunakan


Membersihkan meja setiap kali selesai digunakan memang terdengar hal yang sepele. Tapi, percayalah pada praktiknya tidak semua orang bisa selalu konsisten melakukan hal ini. Padahal jika Kamu selalu melakukan hal ini, maka tampilan meja kerja yang selalu terjaga dengan rapi tidak mustahil untuk Kamu dapatkan. Selain itu, dengan melakukan hal ini akan memudahkan tanggung jawab kebersihan meja kerja yang lebih berat di kemudian hari karena sebelumnya Kamu telah membersihkannya secara rutin. Selain itu, meja kerja yang bersih akan menambah kenyamanan Kamu dalam bekerja dan akan membuat Kamu menjadi lebih produktif.

7. Manfaatkan Tools yang Membantu Kerapian Meja


Ada bisa melakukan efisiensi ruang pada meja kantor. Meja yang rapi akan jauh dari kesan barang-barang yang terlalu banyak menempati meja kerja. Meja kerja yang rapi akan memiliki space yang cukup untuk memberikan ruang gerak pada Kamu. Manfaatkan bidang dinding yang kosong untuk meletakkan benda-benda yang bisa Kamu rekatkan, Penataan sarana kerja juga sangat berpengaruh terhadap kerapian meja Kamu.

Itulah 7 Cara Agar Membuat Meja Kerja Tampak Rapi dan bersih serta nyaman untuk digunakan. Meja rapi dapat meningkatkan mood Kamu juga loh.

Comments

Popular posts from this blog

Beli Kursi Kantor Bekas Vs Baru

Ada saatnya ketika setiap kantor perlu memperbarui atau menambah kursi kantor, dan ketika saat itu tiba mayoritas dari kita berada pada batasan anggaran yang ketat. Ada tekanan untuk menemukan harga termurah dan sebaik mungkin tanpa mengurangi kualitas. Membeli kursi ergonomis yang dapat sesuai sepenuhnya dan cocok untuk duduk nyaman dalam beberapa jam sehari bisanya harganya agak mahal, apalagi harus membeli kursi ergonomis untuk seluruh isi ruangan kantor. Di sinilah pertanyaan besar muncul, bagaimana perusahaan Kamu dapat menghemat uang dan mendapatkan hasil maksimal dari sedikit uang yang Kamu keluarkan? Tempat terbaik untuk mulai menjawab pertanyaan ini adalah memikirkan apakah Kamu ingin membeli kebutuhan kantor baru atau bekas, dan mempertimbangkan pro dan kontra dari masing-masing.

7 Tips Untuk Keselamatan Kursi Kantor

Kursi kantor tidak pernah terlihat menyeramkan. Mereka tampak begitu polos dan membosankan, kita tidak pernah dikaitkan dengan terjadinya risiko kesehatan dan bahaya keselamatan. Anda mungkin terlihat sekarang di kursi kerja Anda sendiri dan tidak akan yakin, tapi sungguh, kursi kantor sebenarnya dapat menyebabkan cedera!